Friday, December 11, 2009

No More McDonald In Indonesia ?




Mr. Bambang Rachmadi, the Master Frachaisee of McDonald Indonesia since 1991 has ceased their frachise relationship with McDonald due to dispute on 1.10.09.

Bambang, the ex- Banker has changed the 13 outlets in prime location of Jakarta and Bandung with Tony & Jack selling the similar foods !

Now, it is hard to get McD at the prime area.

So, the question now is whether the Intellectual Property right protection become thes issue in Indonesia ?

"Saya kaget waktu melintas di jalan Thamrin melihat sign Mc Donald sudah tdk ada digantikan dengan Toni Jack. Wah ada tempat baru lagi nih. Tdk ada kepikir jenis makanan apa Toni Jack itu. Saya sempatkan utk coba. Ternyata Toni Jack itu menyediakan burger. Waktu saya menulis ini kayanya belum ada yg mereview nih tempat. Mungkin Tour Makanan yg pertama meriviewnya."

"Beberapa hari yang lalu McD di Sarinah berganti nama menjadi Tony Jack... hal ini ditengarai karena pemegang waralaba McD terbesar di Indonesia Bambang J Rachmadi telah kehilangan hak waralabanya yang dialihkan ke sebuah perusahaan nasional lainnya...hmm.. mungkin bisa kita diskusikan bersama bagaimana nasib McD maupun Tony Jack ke depannya. Atau sudah etis kah pencabutan hak waralaba yang dilakukan McD internasional kepada Bambang yang telah mempunyai waralaba ini selama belasan tahun. Kabar terbaru konon bambang telah mempersiapkan gugatan hukum kepada McD internasional akibat kejadian ini."

No comments: